Aplikasi Canggih Penerjemah Aksara Bali Berbasis Augmented Reality






Kekayaan budaya yang sangat beranekaragam di Indonesia memiliki kelebihan tersendiri dalam hal tulisan masing daerah dikenal berbagai macam tulisan aksara daerah. Aksara Bali sering digunakan dalam upacara keagamaan dalam menulis perlengkapan upacara. Tulisan Bali memiliki keunikan dari segi bentuknya antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu perkembangan pada era modern dibutuhkan suatu media untuk memperkenalkan aksara Bali kepada masyarakat khususnya diBali guna mempermudah dalam membaca. Salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan Bali khususnya dalam mempelajari aksara Bali adalah bagaimana mengajarkan generasi muda mulai dari sejak dini untuk mempelajari aksara Bali. Dalam pelestarian aksara Bali teknologi informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan pada smartphone berbasis sistem operasi android untuk membantu dalam mengenal atau membaca aksara Bali dengan mengunakan font Bali galang. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Augmented Reality maka diharapkan pengguna dapat membaca aksara Bali secara virtual dengan pola penanda marker perkata dengan font Bali galang

Konsep Dasar Sistem

Struktur dasar dari sistem ini adalah memudahkan pengguna untuk mengetahui tulisan khususnya aksara Bali kedalam huruf latin, dimana sistem ini mengunakan smartphone dengan system operasi android dan mengunakan fitur vuforia untuk mendeteksi objek marker. Pengunaan aplikasi yaitu pengguna membuka aplikasi dan mengarahkan kamera pada tulisan aksara bali. Berikut pada gambar di bawah merupakan Arsitektur sistem yang dibangun.


Berdasarkan konsep yang sudah dijelaskan sebelumnya maka hasilnya didapat digambarkan dalam bentuk flowchart. Diketahui dimana pengguna memiliki peran sebagai pengontrol jalannya aplikasi, Dalam aplikasi ini pengguna akan melaukan scan marker sekaligus mendefinisikan dalam sistem pada tahap implementasi program. Berikut pada gambar 2 flowchart.


HASIL DAN PEMBAHASAN

Aksara Bali Berikut adalah antarmuka ini menampilkan menu dari aplikasi Augmented Reality aksara Bali, yang terdiri dari pilihan menu yaitu scan marker dan about app. Berikut pada gambar ini menunjukan antarmuka menu pada aplikasi Augmented Reality aksara Bali.
Pada antarmuka scan marker merupakan rancangan utama dari Augmented Reality aksara Bali untuk melakukan scan objek yang sudah disediakan. Pada antarmuka ini disediakan dalam bentuk horizontal dan vertical, agar objek yang dipindai lebih luas dan sesuai dengan selera user. Pada gambar berikut menunjukan implementasiantarmuka dari scan marker

Pada antarmuka dibawah ini merupakan antarmuka untuk menampilkan hasil dari pengembangan aplikasi Augmented Reality aksara Bali kedalam huruf latin. Penggunaan aplikasi aksara Bali pengguna hanya mengarahkan scan marker ke aksara Bali dan nantinya aplikasi akan memberikan informasi hasil scan berupa huruf latin. Berikut gambar pada scan marker Aksara Bali. Gambar di bawah menunjukan hasil informasi huruf latin pada Augmented Reality aksara Bali.



Berdasarkan hasil dari pengembangan aplikasi mobile pengenalan aksara Bali kedalam huruf latin denga Augmented Reality, maka didapat tingkat keberhasilan sistem dalam mendeteksi marker aksara Bali kesuksesan 100%.

jadi apakah aplikasi ini sangat membantu ? Tentu tergantung dari cara kita menggunakan teknologi tersebut pastikan jangan sampai kalian yang di manfaatkan teknologi tetapi kalian yang seharusnya memanfaatkan teknologi tersebut terus berusaha melakukan yang terbaik demi keluarga, bangsa dan negara mu sampai bertemu lagi di postingan Ichi Ni San berikutnya, See You

Refrensi :

- Unud.ac.id

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula masih dalam tahap pembelajaran untuk menjadi seorang Pro Blogger

3 Responses to "Aplikasi Canggih Penerjemah Aksara Bali Berbasis Augmented Reality"

  1. Nama aplikasi nya apa?? Cara mendownload nya gimana???!

    BalasHapus
  2. Ad jurnalnya gan ?, Klo ad tolong kirim ke email ini soalnya buat referensi skripsi saya
    zero6149@gmail.com

    BalasHapus